Kuningan, UPMKNews -- Mahasiswa/i KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan mengimplementasikan media pembelajaran dengan media visual pada Sekolah Dasar Negeri Cageur. Pada hari Senin (24/07/2023) Sekolah Dasar Negeri Cageur adalah satu-satunya Sekolah Dasar yang berada di Desa Cageur, bertempat di sebelah Balai Desa Cageur dengan jumlah siswa keseluruhan kurang lebih 130 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6.

Media pembelajaran adalah alat pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sarana fisik untuk menyampaikan materi pembelajaran, dan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang. Beserta perangkat kerasnya media Pembelajaran juga sebagai alat untuk memberi perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar sehingga segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.

Sedangkan Media Visual yakni media yang memberikan gambaran secara konkrit maupun abstrak. Media Visual bersifat real dan dapat dirasakan oleh panca indera khususnya indera penglihatan. Media ini juga dapat didefenisikan sebagai media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas melalui kata-kata dan gambar. Media ini sangat cocok digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat.

Jenis media pembelajaran visual yaitu menampilkan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor.  Pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam bentuk-bentuk visual. Selain itu fungsi media visual juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual. Macam-macam media pembelajaran visual ini dibedakan menjadi dua yaitu Media Visual Diam dan Media Visual Gerak.

Media pembelajaran visual yang diterapkan oleh mahasiswa/i KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan yaitu media pembelajaran visual diam yang berupa foto, ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta dan lain-lain.

Penerapan media pembelajaran visual ini selain mengimplementasikan dari teori ke kerja nyata yaitu bertujuan untuk melihat dan mengetahui cara siswa dalam pembelajaran, apakah siswa senang melakukan pembelajaran dengan media tersebut atau lebih senang dengan gaya pembelajaran yang lain.

Penulis: Mahasiswa KKN Desa Cageur

Editor: Egi (Jurnalis)